Istilah kopi tidak asing
lagi dikalangan muda dan tua, sehingga selalu tersedia dimana-mana. Mendengar kata "kopi" banyak orang memiliki
daya tarik yang berkesan.
Dan bagaimana cara kopi memikat hati banyak orang? Apakah karena warna yang menarik, aroma yang memikat atau rasa yang enak dilidah. Dan kesan apa yang dimiliki hingga membuat anda mencintai kopi. Apakah kopi selalu memberikan ketenangan atau memberikan banyak kenangan. Anak muda khususnya banyak mengorbankan waktu demi mendapatkan secangkir kopi.
Sebenarnya
daya tarik apa yang dimiliki kopi sehingga ketika mendengar namanya banyak
orang berkesan positif dan berlomba untuk mendapatkanya. Kopi yang diminum
begitu kerap kali membuat pencinta kopi tidak pernah jenuh dan selalu ingin
menemani. Sampai sekarang kopi masih melahirkan generasi pencinta kopi itu sendiri.
Bagi pemilik kedai atau pengusaha kopi, sebenarnya apa
yang melatarbelakangi ia mengambil kopi sebagai produk utama mereka. Tidak
semua penjual kopi memiliki bahan dan biji dari kopi itu sendiri, membutuhkan
tangan lain untuk mendapatkanya.
Pertanyaan yang sering bermunculan, kenapa harus kopi
yang menjadi daya tarik mereka, padahal banyak jenis produk lain yang bisa
diperjualbelikan.
Singkat cerita, setelah mereka sepakat mengambil kopi
untuk produk utama. Sementara saingan penjual kopi lainya cukup banyak.
Sebelumnya, dari penjual kopi tersebut mencoba ikut trend membuat kopi dengan versi beda dari kebanyakan penjual, karena dari dulu kopi selalu menjadi minuman favorit banyak orang.
Tapi, ternyata gayung bersambut penjual mendapatkan komentar positif dari pembeli dengan ungkapan "saya menyukai kopi karena rasa kenyaman dihati. Dan penjual dalam menyuguhkan kopi sangat ramah dan selalu tersenyum." Hal demikian membuat mereka nyaman untuk berlama lama dengan kopi.
Menurut padangan
masyarakat umum, "penjual kopi selalu konsisten dalam berjualan. Meski
kadang sering dikritik dari pelayanan, proses pembuatan kopi dan memberikan
komentar kurang baik." Dalam berjualan ada beberapa risiko yang penjual harus
menerima dan memahami agar tidak berhenti dalam berjualan.
Selain itu, seorang
penjual kopi harus terus update perkembangan dan kebutuhan pelanggan. Bisa
dengan melakukan kunjungan ke kedai kopi lainya. Kemudian, dilakukan pengamatan
saat pembeli sedang rame, akan dapat menghasilkan ide kreatif.
Selama mengunjungi
kedai kopi yang lain perlu untuk melakukan observasi pada pemilik dan pembeli
kopi tersebut. Bisa dengan memberikan pertanyaan bagaimana cara membuat kopi yang baik dan jenis kopi apa
yang paling diminati. Dari jawaban dari narasumber tersebut dapat ide untuk meningkatkan
kualitas dalam menjual kopi.
Jika telah mendapatkan
data tersebut, bisa dijadikan referensi. Kemudian, bisa digunakan berbagai media online atau offline yang didesain semenarik
mungkin serta agar penghujung semakin
berkesan dan tertarik. Bisa melakukan iklan, promo kopi gratis pada saat saat tertentu. Jika sudah mulai
pelanggan tertarik, selalu update kebutuhan dan perkembangan zaman agar pembeli
tidak jenuh. Seiring berjalan waktu branding dari kopi selalu menjadi yang terdepan. Kalau menurut kamu cerita tentang kopi bagaimana, silahkan balas dikomentar ya !
Komentar